A. PENGERTIAN
DAN TUJUAN HORTATORY EXPOSITION
PENGERTIAN
Seperti
halnya Analytical Exposition, jenis teks ini juga tergolong dalam
kelas Argumentation. Hortatory Exposition adalah jenis teks yang
menghadirkan usaha penulis mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau
bertindak dalam hal tertentu. Dalam Hortatory Exposition, penulis memberikan
beberapa pendapat mengenai hal tertentu untuk memperkuat ide pokok dari teks
tersebut.
Lain
halnya dengan Analytical Exposition, Hortatory Exposition
mempunyai Recommendation sebagai paragraf penutup. Dalam Recommendation
penulis berusaha mengajak dan membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Hal ini
sangat berbeda dengan teks yang kita bahas sebelumnya. Analytical memiliki Reiteration/Conclusion
yang menuliskan kembali ide pokok sebuah teks pada penutup paragrafnya
sedangkan Hortatory Exposition terdapat Recommedation yang
berisi ajakan dan bujukan kepada pembacanya sebagai penutup paragraf.
TUJUAN
(PURPOSE)
Kalau
dalam Analytical Exposition memiliki tujuan memaparkan dan
mempengaruhi pembaca bahwa topik yang disampaikan itu penting, sedangkan pada Hortatory
Exposition bertujuan memaparkan dan mempengarhuhi pembaca bahwa
seharusnya demikian dan seharusnya tidak demikian.
B. GENERIC
STRUCTURE (STRUKTUR UMUM)
Hortatory
Exposition mempunyai 3 struktur umum teks, yaitu sebagai berikut:
1. Thesis
Berisi tentang pengenalan ide pokok (main idea) penulis tentang gelaja
atau kejadian yang akan dibahas.
2 . Arguments
Berisi tentang pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis.
Semakin banyak pendapat yang disampaikan, maka semakin menarik teks tersebut
karena pembaca cenderung percaya
terhadap suatu peristiwa jika terdapat banyak pendapat yang mendukung didalamnya.
3. Recommendation
Berisi tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembacanya.
C. LANGUAGE
FEATURES (CIRI KEBAHASAAN)
F Using Simple
Present
F Using
temporal connectives (e.g. firstly, secondly, thirdly, etc.)
F Using evaluate
words (e.g. importantly, valuably, etc.)
F Using Modals
F Using action
verbs
F Using thinking
verbs
F Using general
and abstract noun
F Using adjectives
F Using adverbs
D. CONTOH
HORTATORY EXPOSITION TEXT
INTERNET FOR STUDENTS
Nowadays,
in modern era, I think internet is very important for students
As we all
know, internet has many function for supporting our life. They are, first, it
gives us various information, news, knowledge, etc. Students can search
anything or something from internet. Take for example, they search about
education, entertainment, knowledge, etc. that is in the world.
Second,
they can add their friends in all countries in the world by internet. Chatting,
e-mail, facebook, twitter, interpals, are some examples of internet facility to
have many friends. Besides they can share, communicate, discuss, and so on.
From my
argument above, as student, we should use internet facility well to get
knowledge, friends, information, etc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar