Sabtu, 22 Maret 2014

HORTATORY EXPOSITION TEXT

Setelah kemarin saya membahas mengenai Analytical Exposition Text, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas jenis teks yang hampir sama yaitu “Hortatory Exposition”. Oke, tanpa perlu panjang lebar mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

A.     PENGERTIAN DAN TUJUAN HORTATORY EXPOSITION

PENGERTIAN

Seperti halnya Analytical Exposition, jenis teks ini juga tergolong dalam kelas Argumentation. Hortatory Exposition adalah jenis teks yang menghadirkan usaha penulis mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau bertindak dalam hal tertentu. Dalam Hortatory Exposition, penulis memberikan beberapa pendapat mengenai hal tertentu untuk memperkuat ide pokok dari teks tersebut.

Lain halnya dengan Analytical Exposition, Hortatory Exposition mempunyai Recommendation sebagai paragraf penutup. Dalam Recommendation penulis berusaha mengajak dan membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Hal ini sangat berbeda dengan teks yang kita bahas sebelumnya. Analytical memiliki Reiteration/Conclusion yang menuliskan kembali ide pokok sebuah teks pada penutup paragrafnya sedangkan Hortatory Exposition terdapat Recommedation yang berisi ajakan dan bujukan kepada pembacanya sebagai penutup paragraf.

TUJUAN (PURPOSE)

Kalau dalam Analytical Exposition memiliki tujuan memaparkan dan mempengaruhi pembaca bahwa topik yang disampaikan itu penting, sedangkan pada Hortatory Exposition bertujuan memaparkan dan mempengarhuhi pembaca bahwa seharusnya demikian dan seharusnya tidak demikian.

B.      GENERIC STRUCTURE (STRUKTUR UMUM)
Hortatory Exposition mempunyai 3 struktur umum teks, yaitu sebagai berikut:
            1.      Thesis
          Berisi tentang pengenalan ide pokok (main idea) penulis tentang gelaja atau kejadian yang akan dibahas.
            2 .    Arguments
      Berisi tentang pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Semakin banyak pendapat yang disampaikan, maka semakin menarik teks tersebut karena  pembaca cenderung percaya terhadap suatu peristiwa jika terdapat banyak pendapat yang mendukung didalamnya.
            3.      Recommendation
            Berisi tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembacanya.

C.      LANGUAGE FEATURES (CIRI KEBAHASAAN)
            F      Using Simple Present
            F      Using temporal connectives (e.g. firstly, secondly, thirdly, etc.)
            F      Using evaluate words (e.g. importantly, valuably, etc.)
            F      Using Modals
            F      Using action verbs
            F      Using thinking verbs
            F      Using general and abstract noun
            F      Using adjectives
            F      Using adverbs

D.     CONTOH HORTATORY EXPOSITION TEXT

INTERNET FOR STUDENTS

Nowadays, in modern era, I think internet is very important for students

As we all know, internet has many function for supporting our life. They are, first, it gives us various information, news, knowledge, etc. Students can search anything or something from internet. Take for example, they search about education, entertainment, knowledge, etc. that is in the world.

Second, they can add their friends in all countries in the world by internet. Chatting, e-mail, facebook, twitter, interpals, are some examples of internet facility to have many friends. Besides they can share, communicate, discuss, and so on.

From my argument above, as student, we should use internet facility well to get knowledge, friends, information, etc. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar